top of page

Peranan TIK Dalam Kehidupan Manuisa

Nama saya Khayru Davin Alvaro dari kelas 8C ini adalah rangkuman saya tentang pelajaran INFTK kelas 8 Bab 3 : Peranan TIK Dalam Kehidupan Manuisa


A. TIK yang Mengubah Kehidupan Manusia


1. Berbagai Kemajuan Teknologi


a. Machine Learning

Machine learning adalah teknik untuk menganalisis data yang mengajarkan komputer berperilaku atau berpikir layaknya manusia atau binatang, yaitu belajar dari pengalaman.

Bersama dengan teknologi big data, machine learning menjadi salah satu teknik kunci untuk menyelesaikan berbagai permasalahan di berbagai bidang, di antaranya sebagai berikut :

1. Komputasi keuangan untuk analisis kredit dan algoritma transaksi di psasar saham.

2. Pengolahan gambar dan computer vision untuk pengenalan wajah, pendeteksi gerakan, dan pendeteksi objek.

3. Komputasi biologi untuk mendeteksi tumor, penemuan obat, dan pengurutan DNA.


b. Computer Vision

Computer vision merupakan bagian dari artificial intelligence yang mengembangkan teknik untuk membantu komputer dapat melihat dan memahami konten gambar digital, seperti foto dan video. Computer vision digunakan untuk mengenali obyek atau sesuatu dari gambar digital untuk berbagai tujuan, diantaranya sebagai berikut :

1. Klasifikasi objek, mengklasifikasi obyek yang ada dalam foto.

2. Identifikasi objek, mengidentifikasi obyek yang ada dalam foto.

3. Verifikasi objek, memverifikasi apakah ada suatu objek di dalam foto.


c. Natural Language Processing (NLP)

Natural language processing atau sering disingkat NLP adalah bagian dari teknologi artificial intelligence yang memungkinkan suatu mesin membaca, memahami, dan mengetahui arti bahasa manusia. Perkembangan teknologi NLP saat ini memungkinkan NLP digunakan untuk berbagai aplikasi, diantaranya sebagai berikut :

1. Chatbot adalah programmer obat yang digunakan untuk dapat melakukan chatting dengan manusia.

2. Program translate digunakan untuk menerjemahkan satu bahasa ke bahasa lain.

c. Analisis sentimen digunakan untuk menganalisis respon pengguna media sosial terhadap iklan atau topik yang ditampilkan.

3. Search Auto-Complete Ketika melakukan pencarian pada mesin pencari, seringkali ketika kamu mengetik mesin pencari akan menyarankan langsung berbagai kata kunci pencarian.


d. Jaringan 5G

Salah satu teknologi yang akan banyak berpengaruh dan berperan mengubah cara hidup dan cara manusia melakukan sesuatu adalah teknologi 5G. Jaringan 5G adalah generasi kelima dari teknologi jaringan mobile dan merupakan evolusi yang besar dari generasi sebelumnya, yaitu jaringan 4G LTE. Ada 3 kategori utama dari penggunaan teknologi 5G, di antaranya sebagai berikut :

1. Komunikasi mesin ke mesin secara masif.

2. Komunikasi ultra-reliable dengan latensi rendah.

3. Meningkatkan layanan telepon mobile


e. Internet of Things (LOT)

Internet of things atau sering disebut LOT adalah teknologi yang memungkinkan berbagai perangkat terhubung ke jaringan internet, di mana perangkat tersebut memiliki kemampuan untuk mengirimkan data ke dan menerima data dari internet.


2. Electronic Commerce

Electric commerce (e-commerce) atau perdagangan secara elektronik adalah perdagangan yang dilakukan dengan memanfaatkan jaringan telekomunikasi, terutama internet. Keuntungan yang diperoleh perusahaan, diantaranya sebagai berikut :

a. Perusahaan dapat menjual produknya kepada lebih banyak orang. Dengan kata lain, perusahaan dapat menjangkau pasar yang lebih luas.

b. Perusahaan tidak perlu membuka banyak cabang distribusi.

c. Mengurangi biaya yang dikeluarkan perusahaan karena perusahaan tidak perlu menyediakan toko yang besar dan pegawai yang banyak.

Adapun keuntungan yang diperoleh konsumen, di antaranya sebagai berikut :

a. Konsumen tidak perlu mendatangi toko untuk mendapatkan barang.

b. Pembeli dapat menghemat waktu dan biaya transportasi berbelanja.

c. Mempunyai lebih banyak pilihan karena dapat membandingkan semua produk yang ada di internet.

Marketplace adalah halaman web internet yang memungkinkan setiap penggunanya membuka toko online dan menampilkan brang-barang yang dijual di halaman web mereka.


3. Pembayaran Online

Pembayaran online adalah layanan di internet yang memungkinkan pengguna melakukan pembayaran secara online ketika melakukan transaksi di internet.


4. Internet Banking dan SMS Banking

a. Internet banking adalah layanan perbankan yang dilakukan dengan menggunakan internet. Layanan internet banking memungkinkan para nasabah bank melakukan transaksi perbankan di internet.

b. SMS banking adalah layaan perbankan dari bank yang dilakukan dengan menggunakan SMS. Layanan SMS Banking memungkinkan para nasabah bank melakukan transaksi perbankan hanya dengan mengirim SMS ke nomor tertentu yang disediakan oleh bank.


5. Pembayaran Digital

Pembayaran digital adalah metode transaksi atau pembayaran untuk barang atau jasa melalui media digital atau elektronik, tanpa melibatkan alat pembayaran cek atau uang tunai. Beberapa metode pembayaran digital yang banyak digunakan saat ini, di antaranya sebagai berikut :

a. Aplikasi Pembayaran Mobile adalah metode pembayaran yang dilakukan dengan menggunakan aplikasi yang ditempatkan di perangkat smartphone. Contoh aplikasi e-wallet Google wallet, DANA, OVO, dll.

b. Uang Digital atau uang virtual yaitu mata uang yang memounyai format digital, yang dibuat dalam bentuk tokrn/koin.

c. Aplikasi Pembayaran Dari Media Sosial Snapchat mengeluarkan Snapcash dan Pinterest yang bekerja sama dengan Amazon


6. E-Government

Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi tidak hanya dirasakan oleh dunia bisnis, tapi juga dalam bidang pemerintahan. Pemanfaatan tersebut disebut dengan istilah e-govenrment atau e-gov (electronic government). Tujuannya adalah untuk meningkatkan pelayanan pemerintah kepada masyarakat dan dunia usaha. Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam bidang pemrintah memberikan keuntungan kepada masyarakat penggunaannya, di anataranya sebagai berikut :

a. Meningkatkan layanan kepada masyarakat.

b. Meningkatnya hubungan antara pemerinyah dengan dunia usaha dan masyarakat karena informasi lebih mudah diperoleh.

c. Tersedianya informasi yang mudah diakses oleh masyarakat sehingga membuat masyarakat dapat mengambil keputusan dengan benar.

Beberapa contoh penggunaan teknologi oleh pemerintah kota dari beberapa apartemen untuk pelayanan yang saat ini telah dapat dimanfaatkan oleh masyarakat, diantaranya sebagai berikut :

a. Pelayanan pengajuan paspor online dan layanan legalisasi dokumen dari kementerian hukum dan hak asasi manusia.

b. Layanan legalisasi dokumen dan pengaduan dari kementerian Luar Negeri.

c. Sesuai pengolahan keuangan daerah


7. Transportasi Berbasis Online

Salah satu dampak dari kemajuan teknologi internet dan telepon mobile adalah munculnya aplikasi transportasi berbasis online. Aplikasi transportasi berbasis online memungkinkan seorang pemilik mobil menyewakan mobilnya menjadi taksi yang dipesan oleh pelanggan melalui aplikasi online.


8. Telepon Seluler

Kehadiran telepon seluler telah mengubah cara berkomunikasi manusia dan cara hidup. Selain digunakan dan memudahkan manusia untuk berkomunikasi, telepon seluler telah berkembang hingga dapat digunakan untuk berbagai hal dalam hidup sehari-hari.


9. E-Health

E-health adalah penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dalam usaha meningkatkan kesehatan dan perawatan kesehatan. Dalam bidang kesehatan, teknologi informasi dan komunikasi digunakan beberapa peranan, diantaranya sebagai berikut :

a. Administrasi

b. Perawatan pasien langsung

c. Engineering/information systems/information and communications technology

Sebagai contoh, berikut akan ditunjukkan beberapa aplikasi layanan kesehatan yang dilakukan dengan memanfaatkan TIK :

a. Konsultasi Dokter Online

b. Electronic Health Recorder (EHR)

c. Clinical Decision Support System (CDSS)

d. WebMD Pain Coach

e. Glucose Buddy

f. uChek

g. Clinical Trial Seek

h. Healthy Heart 2

i. Kardia Mobile (EKG)

j. CDC

k. Operasi Jarak Jauh


10. Mobil Self-Driving

Salah satu teknologi yang saat ini dinantikan kehadirannya adalah teknologi kendaraan self-driving. Teknologi ini memungkinkan kendaraan bergerak sendiri tanpa harus dikendalikan oleh pengemudi. Tujuan mobil self-driving :

a. Lebih aman.

b. Selalu pada kondisi siaga.

Saat ini, ada beberapa teknologi yang digunakan yang membuat mobil self-driving dapat direalisasikan, diantaranya sebagai berikut :

a. Sensor loT

b. Konektivitas loT

c. Algoritma Perangkat Lunak


11. Media Sosial

Media sosial adalah saluran komunikasi kolektif yang dilakukan secara online dan memungkinkan penggunanya untuk saling berinteraksi, berbagi konten, dan berkolaborasi dalam komunitas. Media sosial memiliki berbagai fitur yang umum dimilikinya. Ada banyak manfaat yang diberikan oleh sosial media kepada penggunanya, tapi media sosial juga memberikan dampak buruk kepada pengguna yang jika tidak diwaspadai akan merugikan pihak pemgguna atau orang lain. Berbagai etika penggunaan media sosial dapat dijadikan panduan untuk menghindari bahaya dan ancaman hukum yang mungkin terjadi.

bottom of page